Senin, 11 Desember 2023

                             MOTIVASI AKTIVITAS DALAM BELAJAR



            Motivasi belajar yaitu kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalamdirinya ataupun yang datang dari luar. 

             Menurut Morgan yang ditulis kembali oleh S. Nasution, dikatakan bahwa manusia hidup itu memiliki berbagai kebutuhan: 

 a. Kebutuhan untuk berbuat sesuatu untuk sesuatu aktivitas 

 b. Kebutuhan untuk menyenangkan orang lain 

c. Kebutuhan untuk mencapai hasil 

d. Kebutuhan unuk mengatasi jesulitan 

Teori-teori motivasi diantaranya: 

a. Teori belajar behavioral: pakar behaviorisme menyatakan bahwa tidak perlu memisahkan teori belajar dengan motivasi, karena motivasi merupakan produk dari sejarah penguatan. 

b. Teori kebutuan manusia: menjelaskan konsep motivasi untuk memenuhi kebutuhan. 

c. Teori disonansi: menyatakan bahwa kebutuhan untuk mempertahankan citra diri yang positif merupakan motivator yang sangat kuat 

d. Teori Kepribadian: digunakan untuk menggambarkan suatu dorongan kebutuhan atau keinginan untukmelakukan sesuatu. 

e. Teori atribusi: menjelaskan empat hal tentang keberhasilan dan kegagalan dalam situasi berprestasi, yaitu kemampuan, usaha, kesulitan tugas, dan keberuntungan.  

f. Teori harapan: bahwa situasi dan kondisi tertentu, probabilitas keberhasilan yang sangat tinggi akan dapat menjadi pengganggu motivasi. 

g. Teori motivasi berprestasi: merupakan keinginan untuk memperoleh keberhasilan dan berpartisipasi aktif di dalam suatu kegiatan. 

            Piramida hirarki Maslow diantarnya yaitu: kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan kasih sayang/sosial, kebutuhan percaya diri dan kebutuhan aktualisasi diri.



Disusun            :   Widhi Pangestu

Lembaga          :    STIT AL MUSLIHUUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar